Jalur Kereta Api SS/KAI Cicalengka - Banjar (1889 - Sekarang)

Jalur ini merupakan bagian dari lintas selatan Jawa antara Bandung dan Kroya. Merupakan jalur single track yang melintasi Pegunungan Priangan yang berkelok-kelok diantara jembatan dan terowongan yang tak pelak menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah, terutama jika melintas di pagi atau sore hari. Jalur ini sekarang dikelola oleh PT. KAI DAOP II Bandung 

Dibangun oleh StaatsSpoorwegen pada Tahun 1889, setelah jalur Bandung - Cicalengka diselesaikan Tahun 1884. Cicalengka - Cibatu diselesaikan tahun 1889, kemudian Cibatu - Tasikmalaya Tahun 1893 dan Tasikmalaya - Banjar setahun sesudahnya. Staatsporwegen juga membangun beberapa jalur cabang dari lintas ini, antara lain Cabang Cibatu- Garut - Cikajang, cabang Tasikmalaya - Singaparna, dan Cabang Banjar - Pangandaran - Cijulang (akan dibahas di postingan berikutnya).

Stasiun Leuwigoong, Sempat Tidak Aktif



Stasiun yang pernah dibangun di jalur ini sebagian besar masih utuh dan beroperasi. Sebagian ada yang mengalami pergantian nama (ada yang disebabkan seringnya kecelakaan kereta di stasiun tersebut di masa lalu) seperti misalnya Malangbong menjadi Bumi waluya, dan Stasiun Karangsari yang dulunya merupakan sebuah pemberhentian kecil dengan nama Gandamirah. Beberapa halte dan pemberhentian telah dinonaktifkan dan hilang bangunannya seperti Cirahong dan Cihonje. Stasiun non aktif yang masih utuh bangunannya antara lain Leuwigoong dan Pirusa. 

Di masa Republik Indonesia, diantara Petak Rajapolah dan Indihiang pernah dibangun jalur cabang ke Stasiun Pirusa (masih tersisa bangunannya) untuk angkutan pasir kualitas tinggi ke Stasiun Cipinang Jakarta. Pasir ini merupakan produk hasil erupsi Gunung Galunggung pada Tahun 1982. Jalur ini mulai beroperasi sekitar Tahun 1984-1985 dan ditutup pada Tahun 1992. 

Bekas Stasiun Pirusa







Sumber
http://heritage.kereta-api.co.id/?p=1751
http://heritage.kereta-api.co.id/?p=1280
https://duddy.web.id/jalur-kereta-api-cibungkul-pirusa-nasibmu-kini/

Komentar

Postingan Populer