Jalur Kereta Api SS Jatibarang - Karangampel (1926-1932)

Sejauh yang saya pelajari tentang jalur kereta api yang pernah ada di Pulau Jawa, jalur ini merupakan jalur paling misterius. Yang pertama, umurnya hanya sebentar (sekitar 6 tahun), dibangun oleh (kemungkinan) StaatsSpoorwegen pada tahun 1926 dan dimatikan dan dibongkar jalurnya 6 tahun kemudian (kemungkinan akibat kurang prospek dan krisis ekonomi dunia 1930-an). 

Oleh karena umurnya yang hanya sebentar, saya tidak dapat menemukan referensi peta trase resmi dari Topographic diesnt yang tersimpan di Universitas Leiden. Yang saya temukan hanya sebuah jalur tram ke arah Karangampel dari Stasiun Jatibarang, tapi berhenti di sebuah perempatan di daerah Sliyeg Selatan (lihat jalur kereta di peta di selatan Stasiun Jatibarang). Jalur trem di selatan Jatibarang ini juga setelah tahun 1940 sudah hilang. Adapun informasi trase indikatif (posisi percabangannya di utara Stasiun Jatibarang) yang masih dapat ditelusuri tapaknya di citra satelit adalah hasil pemetaan rekan-rekan di IRPS. Di buku jarak antar stasiun sendiri juga tidak terdapat banyak informasi tentang jarak antar halte dan pemberhentian, sehingga lokasi definitif dari pemberhentian dan halte yang pernah dibangun di jalur ini masih sulit diketahui. 

Sejauh ini, tidak banyak informasi lain yang diperoleh tentang jalur ini, termasuk apakah masih ada bangunan Stasiun yang masih utuh, sisa prasarana perkeretaapian yang tertinggal, dan lain - lain. 



Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Jatibarang

Komentar

  1. Apakah jalur tersebut akan di aktif kan kembali atau akan d jadikan apa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer