Jalur Kereta Api SS/PERUMKA Kalisat - Panarukan (1897 - 2004)

Jalur kereta api dari Stasiun Kalisat menuju Stasiun Panarukan melalui Bondowoso dan Situbondo merupakan salah satu jalur kereta api yang dinonaktifkan di periode 2000-an. Oleh karena itu, tidak heran apabila prasarana perkeretaapian di jalur ini masih banyak yang utuh, termasuk disini Stasiun Kereta Api dan Rel. Hampir semua stasiun masih ada, sebagian tidak terawat dan sebagian digunakan untuk berbagai peruntukan (rumah tinggal, pabrik, toko, museum).

Dari berbagai stasiun yang pernah ada, hanya satu - dua stasiun yang sudah tidak ada, yaitu stasiun kecil Ajung (merupakan stasiun pertama setelah Stasiun Kalisat) dan Stasiun Panji yang berada di dekat Pabrik Gula Panji. Stasiun Situbondo pada awalnya bukan terletak di posisinya yang sekarang (Stasiun Situbondo sekarang dulunya dikenal dengan nama Stasiun Sumberkolak), yang kemudian setelah penutupan jalur ke Panji, dialihkan ke posisinya yang sekarang.

Stasiun Situbondo/Sumberkolak



Jalur ini merupakan salah satu jalur yang diprioritaskan untuk direaktivasi kembali, mengingat prasarana yang ada masih banyak yang utuh.




UPDATE 2022

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari para Railfans di Social Media, terdapat dugaan bahwa Stasiun Panji dan Stasiun Situbondo Kota bangunannya masih ada, dan saat ini berubah fungsi dan fasadnya agak susah dikenali. Stasiun Panji berubah menjadi bengkel dan Stasiun Situbondo Kota menjadi rumah hunian. Peta sudah di-update dengan dokumentasi terbaru dari Google Street View. 

Komentar

Postingan Populer