Jalur Kereta Api SJS/PJKA Blora - Rembang (1902 - 1984)

 Jalur Kereta Api Blora - Rembang adalah bagian dari jalur kereta api lintas Rembang - Cepu melalui Blora. Jalur ini dibangun oleh Maskapal Samarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) pada Tahun 1902 setelah SJS menyelesaikan pembangunan jalur kereta Juwana - Lasem, Wirosari - Blora dan Cepu - Blora pada tahun - tahun sebelumnya. Jalur ini menghubungkan Kota Rembang dan Kota Blora dan merupakan salah satu prasarana transportasi barang dan orang yang cukup penting pada masa kejayaannya. Jalur ini bersifat Traamweg karena sebagian besar relnya berada di tepi jalan raya Blora - Rembang, melintas Perbukitan Rembang di Jawa Tengah. 

Jalur ini dinonaktifkan pada Tahun 1984 karena kurangnya okupansi, kondisi sarana dan prasarana yang kurang perawatan, serta berkurangnya SDM perkeretaapian yang dapat mengelola jalur ini sebagai efek pemecatan massal pegawai kereta api akibat dugaan banyak pegawai yang berafiliasi dengan gerakan kiri pada tahun - tahun sebelumnya. 

Dalam sejarah perkembangan sampai dinonaktifkannya jalur ini, beberapa pemberhentian kecil, halte dan stasiun besar pernah dibangun di jalur ini. Hampir semua pemberhentian dan halte kecil sekarang sudah hilang. Stasiun yang masih utuh hanya ada tiga stasiun, yaitu Stasiun Rembang, Stasiun Blora dan Stasiun Mantingan. Prasarana seperti rel kereta api sudah banyak yang terpendam perluasan jalan raya Blora - Rembang. Sebagian railbed yang berada di daerah perbukitan masih utuh dan trasenya masih dapat diidentifikasi dari citra satelit. 



Stasiun Blora SJS


Komentar

  1. Walaupun akan menggusur bangunan yang nempatin sepanjang rel, tapi jujur q pengen ini segera di realisasikan. Bisa jalan jalan naik kereta ke Rembang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer