Jalur Kereta Api SJS/PJKA Cepu - Blora (1901 - 1984)

 Jalur kereta api Cepu - Blora merupakan jalur kereta api yang menghubungkan Kota Cepu dan Kota Blora di Provinsi Jawa Tengah. Jalur ini awalnya dibangun oleh Maskapal Semarang Joana Stoomtraam Maatschappij (SJS) sebagai salah satu lintas cabang penting dari Cepu ke jalur - jalur milik SJS lainnya. Pembangunannya diselesaikan pada Tahun 1901, dan dilanjutkan dari Blora ke Rembang yang diselesaikan pada tahun berikutnya. Jalur ini dibangun utamanya untuk transportasi hasil bumi kayu jati yang banyak tersedia di kawasan blora, rembang, hingga grobogan pada waktu itu, dan mendukung pertambangan minyak bumi di sekitar Kota Cepu. Pada Tahun 1903, jalur ini juga disambungkan ke Stasiun Cepu milik NIS (masih aktif sampai sekarang) guna mendukung integrasi layanan kereta api antar maskapal. 

Jalur ini dinonaktifkan sekitar Tahun 1984 karena angkutan barang dan orang terus berkurang okupansi dan muatannya. Selain itu prasarana dan sarana warisan SJS di jalur ini juga kurang terawat sehingga memperkuat justifikasi untuk dinonaktifkan. Jalur ini sebenarnya termasuk salah satu jalur kereta api yang unik karena melewati dan membelah kawasan hutan di Perbukitan Rembang, namun karena sudah dinonaktifkan, eksotisme jalur ini mungkin tidak akan bisa dinikmati dalam jangka waktu yang sangat panjang. 

Di sepanjang sejarah perjalanannya, jalur ini sempat dibangun beberapa Stasiun dan Pemberhentian kecil, namun banyak pemberhentian kecil yang sekarang sudah hilang. Beberapa stasiun/halte yang relatif besar di jamannya seperti Halte Cabak dan Halte Pasar Sore juga sudah tidak ada lagi bangunannya. Stasiun yang masih utuh saat ini hanya tersisa Stasiun besar Rembang, Stasiun Cepu SJS (di Kota Cepu terdapat dua stasiun, yaitu Stasiun Cepu NIS yang sekarang masih aktif, dan Stasiun Cepu SJS), dan Stasiun Jepon di pinggir jalan raya Cepu - Blora. 




Stasiun Cepu Kota Milik SJS


Komentar

  1. halo mas. saya juga membuat rute jalur aktif yang beroperasi sekarang. namun jika masnya berkenan, apakah boleh rute jalur mati buatan sampean saya copy, nanti saya paste di rute jalur aktif saya

    BalasHapus
  2. halo admin, mohon ijin bertanya, apakah jalur yang menuju ke AKAMIGAS/PPSDM itu merupakan jalur cabang atau bertemu kembali di lintas Cepu - Blora? mohon infonya admin, terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer