Jalur Kereta Api SJS/PJKA Demak - Purwodadi (1888 - 1987)

 Jalur kereta api Demak - Purwodadi adalah jalur kereta api yang dibangun oleh Maskapal SJS dan difungsikan untuk melayani angkutan barang dan orang dari Demak ke Purwodadi. Pembangunan jalur ini dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen Demak - Godong yang selesai dibangun pada Tahun 1888 dan dari Godong ke Purwodadi SJS lama (lokasinya di utara alun-alun Purwodadi) yang diselesaikan pada tahun berikutnya. Setelah jalur ini dibangun, SJS juga melanjutkan pembangunan ke Wirosari dan pada akhirnya ke Blora, dan pada tahun-tahun setelahnya menyelesaikan jalur keretaapi di seluruh wilayah Muria Raya. 

Stasiun Demak sebagai titik awal mulainya jalur, pada awalnya berada di area yang sekarang menjadi Pasar Bintoro Demak, kemudian segmen di Kota Demak diubah setelah SJS membangun stasiun baru di Demak di posisinya yang sekarang. Demikian pula Stasiun Purwodadi, awalnya berada di utara Alun - alun Purwodadi sekarang berpindah ke posisi stasiun sekarang sebagai efek merger antara SJS dan PgSM (Purwodadi Gundih StoomTram Maatschappij). 

Jalur ini hampir 95 persen berada di tepi jalan raya, sehingga ketika dinonaktifkan pada Tahun 1987, jalur ini menjadi mangkrak dan akhirnya dibongkar pada pertengahan Tahun 1990-an. Setelah non aktif, stasiun dan pemberhentian kereta mulai menghilang satu per satu, dan hanya menyisakan beberapa stasiun saja, yaitu Stasiun Demak, Stasiun Purwodadi, Staiun Godong (bangunan asli SJS) dan Stasiun Dempet sebagai stasiun yang bangunannya masih utuh sampai sekarang. 



Stasiun Godong


Komentar

Postingan Populer