Jalur Kereta Api SJS/PJKA Purwodadi - Blora (1889 - 1987)

 Jalur Kereta Api dari Purwodadi ke Blora dibangun oleh Maskapal Samarang Joana Stoomtraam Maatschappij (SJS) sebagai bagian dari lintas Semarang - Blora melalui Purwodadi. Jalur ini juga tersambung dengan jalur milik NIS (Gundih - Gambringan - Surabaya) setelah SJS mengakuisis jalur Gundih - Purwodadi milik PgSM. Pembangunan jalur ini dimulai setelah izin konsensinya terbit pada Tahun 1887. Jalur dari Purwodadi ke Wirosari diselesaikan pada Tahun 1889, dari Wirosari ke Kunduran pada Tahun 1893 dan dari Kunduran ke Blora pada Tahun 1894. 

Jalur ini kebanyakan berada di tepi jalan raya (traam) dan difungsikan untuk melayani angkutan barang (hasil bumi, kayu, kapuk, gula) dan angkutan orang. Jalur ini masih tetap beroperasi setelah masa kemerdekaan, sampai pada akhirnya ditutup pada masa PJKA Tahun 1987 karena okupansi terus berkurang, prasarana dan sarana yang tidak terawat dengan baik, serta persaingan antar moda transportasi.

Di antara segmen Purwodadi ke Blora, selain terdapat pemberhentian kecil yang sekarang sudah tidak ada lagi, terdapat beberapa Stasiun/Halte besar, diantaranya Purwodadi, Wirosari, Kunduran, Ngawen dan Stasiun Blora sebagai stasiun transit ke Cepu dan ke Rembang. Stasiun - stasiun tersebut yang sampai sekarang masih utuh walaupun penggunaannya sudah berubah. Bangunan stasiun yang tersisa (Wirosari, Ngawen, Kunduran) sekarang juga bukan merupakan bangunan asli stasiun pada masa SJS, melainkan hasil renovasi DKA/PNKA mengingat bangunan asli stasiun - stasiun tersebut mengalami kerusakan dan mungkin pembakaran pada masa perang kemerdekaan. Stasiun Purwodadi sendiri pernah berpindah lokasi, dari yang tadinya berada di utara alun - alun purwodadi (bangunan kayu yang cukup megah) ke lokasi Stasiun Purwodadi sekarang yang telah beralih fungsi menjadi terminal angkutan umum. Pemindahan Stasiun Purwodadi ini juga sebagai salah satu efek akuisisi jalur milik PgSM oleh SJS, sehingga dirasa tidak efektif di dalam satu kota memiliki dua stasiun (Purwodadi SJS lama dan Purwodadi PgSM). 



Stasiun Purwodadi SJS Baru yang kini menjadi Terminal Purwodadi


Komentar

Postingan Populer