Jalur Kereta Api SJS/PJKA Juwana - Tayu (1899-1975 )

Jalur kereta api Juwana - Tayu dibangun oleh Samarang Joana Stoomtraam Maatschappij (SJS) pada akhir abad ke 19 dan menghubungkan Kota Juwana dan Kota Tayu, keduanya kini merupakan kota kecamatan di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Jalur ini mungkin mulai dibangun dan diresmikan pada waktu yang berdekatan dengan jalur kereta api Juwana - Rembang, yaitu pada Tahun 1899 - 1900. Jalur ke Tayu ini pada masa lalu dianggap cukup penting dan strategis karena menghubungkan antara beberapa pabrik, termasuk Pabrik Gula Trangkil dan Pabrik Gula Pakis ke jalur utama SJS yang terhubung hingga ke Semarang dan Surabaya (melalui jalur NIS di Jatirogo). Jalur dari Tayu ke Trangkil diresmikan lebih dahulu pada Tahun 1899, dilanjutkan Trangkil - Bulumanis dan Bulumanis - Tayu pada Tahun 1900. 

Beberapa stasiun, halte dan pemberhentian kecil (stooplaats) pernah dibangun di jalur ini, tapi setelah dinonaktifkan hanya tersisa beberapa stasiun yang masih utuh sampai sekarang, yaitu Stasiun Juwana/Joana, Stasiun Bulumanis dan Stasiun Tayu sebagai stasiun terminus. Sampai sekitar tahun 2015-2016 pemberhentian Tayupasar juga masih utuh bangunannya, namun kini sudah hilang sebagai efek revitalisasi Pasar Tayu di seberang Alun - Alun Tayu. 

Jalur ini dinonaktifkan pada masa PJKA sekitar Tahun 1975 karena kalah persaingan dengan angkutan darat. Selain itu sebagaimana kondisi di jalur bekas SJS yang lain, prasarana dan sarana yang ada kurang terawat, serta kurangnya SDM perkeretaapian menjadi salah satu faktor pendukung non aktifnya jalur ini. Saat ini hampir seluruh prasarana seperti jalan rel dan jembatan sudah hilang, baik sebagai akibat pelebaran jalan ataupun karena sudah dicabut (mengingat jalur kereta ini berada di samping jalan raya Juwana - Tayu). Bekas - bekas jalur yang masih dapat ditemui antara lain adalah bekas pondasi jembatan dan stasiun - stasiun yang tadi telah disebutkan. 



Stasiun Tayu Masih Eksis


Komentar

Postingan Populer