Jalur Kereta Api SJS/PERUMKA Lasem - Jatirogo (1914 - 1992)

 Jalur kereta api Lasem - Jatirogo merupakan jalur kereta api yang menghubungkan Kota Lasem di Kabupaten Rembang Jawa Tengah dengan Kota Jatirogo di Kabupaten Tuban Jawa Timur. Jalur ini merupakan bagian dari lintas Semarang - Rembang - Bojonegoro yang mengalami masa kejayaan pada jaman Hindia Belanda. Jalur ini dibangun oleh Samarang Joana Stoomtraam Maatschappij (SJS) dalam beberapa tahap. Jalur Lasem - Pamotan diselesaikan pembangunannya pada Tahun 1914, dan kemudian dari Pamotan ke Jatirogo pada Tahun 1919. Adapun lanjutan jalur dari Jatirogo ke Bojonegoro dibangun oleh Nederlandsh Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) pada pertengahan tahun 1919. 

Pada masa SJS, jalur ini banyak digunakan untuk mengangkut angkutan hasil tambang galian C di Perbukitan Kendeng, kayu jati, dan hasil bumi lainnya, selain juga untuk angkutan penumpang, bahkan sampai masa setelah kemerdekaan. 

Jalur ini merupakan salah satu jalur cabang yang terakhir ditutup pengoperasiannya, yaitu pada masa Perumka tahun 1992. Kurangnya perawatan dan terus menurunnya okupansi dan mismanajemen Perumka pada akhir Orde Baru merupakan beberapa penyebab penutupan jalur ini. 

Setelah penutupan, beberapa stasiun dan halte (mungkin sudah dari jaman belanda dan perang kemerdekaan) sudah tidak ditemukan bekas - bekasnya. Stasiun yang relatif masih utuh walaupun kondisinya memprihatinkan adalah Stasiun Lasem, Stasiun Pamotan, dan Stasiun Jatirogo yang merupakan stasiun besar/utama di jalur ini. Meskipun demikian, bekas jalur masih dapat diidentifikasi dengan jelas di lapangan (sebagian berubah menjadi jalan), dan sisa - sisa rel/jembatan kereta masih ada yang relatif utuh. 

Belum jelas apakah jalur ini akan direaktivasi kembali di masa mendatang. 

Stasiun Jatirogo
Stasiun Jatirogo


Bangunan Stasiun Lasem
Bangunan Stasiun Lasem

Stasiun Pamotan
Bangunan Stasiun Pamotan


Komentar

Postingan Populer